Senin, 11 Februari 2013

Seri Kristologi : SILSILAH YESUS


PEMBICARAAN TENTANG SILSILAH YESUS DALAM BIBEL

Bibel , kitab suci agama Kristen , ada memuat silsilah Yesus , yaitu dalam Injil Matius dan Injil Lukas  . Sedangkan Injil Markus dan Injil Yahya tidak menyinggungnya sama sekali . Kita tahu ,  penganut Kristen pada umumnya mengakui dan  menyakini bahwa Injil itu ditulis berdasarkan ilham / inspirasi dari Roh Kudus , salah satu Oknum Tuhan dalam kepercayaan Trinitas . Rupanya Roh Kudus sengaja atau lupa menginspirasikan silsilah itu pada pengarang Injil Markus dan Injil Yahya . Kita serahkan kepada penganut Kristen untuk menjelaskannya karena penganut Kristen sangat pintar berkilah dan berapologi untuk semua kejanggalan ini .
Mengapa kita menyebut ” SILSILAH YESUS  “ dan mendiskusikannya ? . Alasan men-asar untuk menjawab pertanyaan ini , karena dalam Injil Matius ( Alkitab LAI 1968  ) , daftar nama tokoh  dalam silsilah itu    ( ayat  1 : 1 –17 ) diberi judul yang sangat jelas  :  “ SILSILAH TUHAN YESUS KRISTUS ” . Kemudian Injil Lukas (Alkitab LAI 1968 ) yang juga memuat  daftar nama tokoh  dalam silsilah itu  ( ayat 1 : 1 –17 ) diberi judul yang sangat jelas  : “ SILSILAH TUHAN YESUS KRISTUS ” . Dicantumkannya judul yang sangat tegas dan jelas tersebut oleh penulis/ penterjemah Alkitab LAI memberikan keyakinan yang sungguh-sungguh kepada kita bahwa sesuai dengan tujuan penyajiannya  maka silsilah yang disajikan dalam kedua Injil tersebut benar-benar silsilah Yesus , bukan silsilah siapa-siapa .
Untuk itu mari kita simak  SILSILAH YESUS menurut kedua Injil tersebut – Injil Matius dan Injil Lukas – melalui tabel berikut dengan harapan kita mendapatkan kesamaannya .

Silsilah Yesus dalam Injil Lukas Silsilah Yesus dalam Injil Matius
   
Adam
Set
Enos
Kainan
Mahlalel
Yarid
Enokh
Metusalah
Lamekh
Nuh
Sem
Arpaksad
Kainan
Sala
Abir
Palik
Ragau
Sarukh
Nahor
Tarah 
IBRAHIM
Ishak
Yakub
Yehuda
Pares
Ezrom 
Arni ?
Admin
Aminadab
Nahsyun 
Sala ?
Boaz
Obed
Isaï 
DAUD 
Natan
Matata
Minna
Malia
Elyakim
Yonan
Yusuf
Yehuda
Simeon
Lewi
Matat
Jorim
Eliazar 
Yusa
Er
Elmodam
Kosam
Adi 
Malkhi
Neri
Syaltiel
Zorubabil
Resa
Yuana
Yuda
Yusikh
Simei
Matatias
Maat
Naggai 
Esli
Nahum 
Amos
Matatias
Yusuf 
Yanna  
Malkhi
Lewi
Matat
Heli 
YUSUF ( yang disangka orang sebagai ayah dari )
YESUS
  
Injil Matius tidak memuat silsilah dari Adam sampai Terah . Dalam bandingan ini , hal ini tidak dipermasalahkan .
















  
IBRAHIM
Ishak
Yakub
Yehuda
Pares
Ezrom 
Aram ?
?
Aminadab
Nahsyun 
Salmun ?
Boaz
Obed
Isaï 
DAUD 
Solaiman ( mulai dari sini silsilah berbeda )
Rehabiam
Abia
Asa
Yosafat
Yoram
Uzia
Yotam
Ahaz
Hizkia
Manasye
Amun
Yosia
Yekhonya






Syaaltiel
Zarubabil
Abihud
Elyakim
Azur
Saduk
Akhim
Elihud
Eliasar









Mattan
Yakub 
YUSUF
( suami Maryam  yang melahirkan    ) 
YESUS

Tidak dibutuhkan harus menjadi pakar khusus agar dapat  melihat dan menangkap adanya perbedaan-perbedaan antara kedua daftar silsilah Yesus di atas . Bahkan anak SD yang sudah bisa baca tulis dan sudah bisa membedakan kata /kalimat pasti akan menangkap perbedaan-perbedaan dimaksud .
Perbedaan inilah yang menyebabkan kita perlu mendiskusikannya . Mari kita simak perbedaan kedua daftar silsilah Yesus tersebut sebagai berikut :

1.      Jumlah tokoh dalam silsilah Yesus menurut Injil Lukas  terhitung dari Adam sampai Yesus  sebanyak 77 orang dan mulai dari Ibrahim sampai Yesus sebanyak  57 orang. Sedangkan  jumlah tokoh dalam silsilah Yesus menurut Injil Matius  terhitung dari Ibrahim sampai Yesus adalah 41 orang .
2.      Jumlah tokoh dalam silsilah Yesus menurut Injil Lukas  terhitung dari Ibrahim  sampai Daud  sebanyak 15 orang . Sedangkan  jumlah tokoh dalam silsilah Yesus menurut Injil Matius   terhitung dari Ibrahim  sampai Yesus adalah 14 orang . Perbedaan jumlah tokoh ini disebabkan karena dalam Injil Lukas tercantum nama Admin , sedangkan nama itu tidak tercantum dalam Injil Matius . Dalam kitab Musa memang tidak terdapat nama  Admin . Menjadi pertanyaan , dari mana Lukas memperoleh nama Admin ini . Begitu pula dengan nama Kainan yang dalam Injil Lukas  dikatakan sebagai anak dari Arpaksad , ternyata dalam kitab Kejadian tidak tercantum .  Cuma dinyatakan  Arpaksad beranakkan Sala , yang justru dalam Injil Lukas dikatakan sebagai anak Kainan .
3.      Jumlah tokoh dalam silsilah Yesus menurut Injil Lukas  terhitung dari Daud  sampai Yesus  sebanyak 44 orang . Sedangkan jumlah tokoh dalam silsilah Yesus menurut Injil Matius   terhitung dari Daud  sampai Yesus adalah 28 orang .
4.      Perbedaan yang sangat parah dan sangat menghina Maryam , bunda Yesus  yaitu dalam Injil Lukas dikatakan bahwa YUSUF – suami Maryam mempunyai ayah yang bernama ” Heli “, sedangkan menurut Injil Matius , YUSUF – suami Maryam mempunyai ayah yang bernama ” Yakub “. Perbedaan nama ayah yang didukung oleh jalur silsilah  yang bercabang  sesudah Daud yaitu Natan dan Soleman  memberikan kesimpulan bahwa YUSUF BIN HELI , bukanlah YUSUF BIN YAKUB .  Tapi Bibel telah menegaskan Yusuf bin Heli ( dalam Injil Lukas ) ataupun Yusuf bin Yakub ( dalam Injil Matius )  adalah SUAMI MARYAM . Ini memunculkan pertanyaan , Maryam yang ditetapkan Allah sebagai wanita suci dan wanita utama dari semua wanita itu , apakah mempunyai dua suami sekaligus dalam waktu yang bersamaan yang sama-sama bernama Yusuf ? Nau’dzu-billah min dzalik ! Tidak mungkin wanita suci yang dimuliakan Allah tersebut sedemikian rendah moralnya . Tetapi Bibel kitab suci orang Kristen telah menghina Maryam dengan sajian yang sangat tidak pantas seperti itu dan yang sebenarnya tidak mungkin dilakukan oleh orang yang mengaku diri sebagai pengikut Yesus ! Dan memang penganut Kristen bukan pengikut Yesus melainkan pengikut Paulus . Lucunya penganut Kristen tetap mengakui silsilah Yesus semodel itu . Penganut Kristen yang kebetulan membaca tulisan ini, diminta bertanyalah kepada Pastor anda, Pendeta anda atau Guru Injil anda  tentang  masalah    ini . Jangan ditunda demi memperoleh kebenaran sebelum maut menjemput anda .

Tetapi menjadi pertanyaan , apakah benar silsilah yang disajikan baik oleh Injil Matius maupun oleh Injil Lukas itu  secara genealogi  adalah silsilah Yesus ? Ternyata tidak ! Sebab kedua versi silsilah itu tidak mengungkapkan silsilah Yesus melainkan silsilah Yusuf bin Heli ( dalam Injil Lukas ) dan silsilah Yusuf bin Yakub (dalam Injil Matius) .  Anda baru dikatakan anak dari ayah anda jika anda datang dari benih ayah anda . Itu makna genealoginya . Apakah Yesus  berasal dari benih Yusuf  ? Dengarkan ayat Bibel berikut :

      ”  Adapun kelahiran Yesus Kristus demikian halnya : Tatkala Maryam yaitu ibunya , bertunangan dengan Yusuf, sebelum keduanya bersetubuh maka nyatalah Maryam hamil dari pada Rohu’lkudus  ” ( Mat. 1 : 18 ; baca pula Lukas 1: 31 – 35  ).

Dari ayat-ayat Bibel ini terungkap bahwa Maryam hamil dari pada Rohu’lkudus   ( Mat. 1 : 18  ) di mana Maryam mengalami proses kehamilan setelah Rohu’lkudus turun atas Maryam ( Luk. 1 : 35 ) . Ini berarti  Yesus tidak berasal dari benih Yusuf  .  Oleh karena itu , kedua silsilah itu , bukanlah silsilah Yesus . Pembaca Alkitab ditipu dengan kalimat : “ dan Yakub memperanakkan Yusuf  yaitu suami Maryam ; ialah yang melahirkan Yesus yang disebut Kristus  “ ( Mat. 1 : 16 )  untuk memperoleh  kesan bahwa silsilah tersebut adalah benar-benar silsilah Yesus. Padahal dalam kalimat ayat Mat.1 : 16  ada tiga penggalan kalimat yang sebenarnya tidak berhubungan sama sekali dalam menetapkan sebagai silsilah Yesus yaitu :  “ Yakub memperanakkan Yusuf    “ ; “ Yusuf  yaitu suami Maryam “ ; dan “ ( Maryam )  ialah yang melahirkan Yesus “ . Yusuf memang benar adalah suami Maryam , entah YUSUF BIN HELI  ataukah YUSUF BIN YAKUB . Tidak adanya hubungan ini karena ditegaskan ayat Mat. 1 : 18  bahwa sebelum Maryam dan Yusuf bersetubuh  maka nyatalah Maryam itu hamil daripada Rohu’lkudus . Kalimat  “ Yusuf  yaitu suami Maryam “ telah diputuskan kaitannya dengan “ ( Maryam )  ialah yang melahirkan Yesus “ sehingga tidak ada hubungan geneologi antara Yusuf dengan Yesus .
Menyimak lanjut ayat Mat.1 : 18 yang berbicara asal muasal kehamilan Maryam di atas  menjadi pertanyaan , bagaimana cara yang dilakukan Rohu’lkudus sehingga membuat Maryam hamil  ? . Sayang sekali Bibel tidak bercerita tentang itu .  Hanya dikatakan :  “ Maryam hamil dari pada Rohu’lkudus “ yang  secara konyol dapat berarti Maryam dihamili oleh Rohu’lkudus. Astagfirullah wa Na’udzubillah min dzaalik ! Begitu pula bagaimana cara Rohu’lkudus turun di atas Maryam dalam proses hamilnya Maryam , Bibel ternyata diam seribu bahasa . Dari titik pandang genealogi , harusnya yang menjadi ayah dari Yesus adalah Rohu’lkudus, bukan Yusuf. Oleh karena itu, silsilah Yesus yang disajikan kedua Injil tersebut , sangat keliru .
Terlepas dari ketidak-benaran silsilah Yesus dalam Injil Matius dan Injil Lukas ini , hal lain yang perlu diketahui , memang informasi kehamilan Maryam yang disajikan kedua Injil itu  dengan kalimat : “ Maryam hamil dari pada Rohu’lkudus ” (  Mat. 1 : 18 ) dan Maryam  mengalami  proses  kehamilan  setelah           Rohu’lkudus akan turun atas Maryam ”  (  Luk. 1 : 35  ) benar-benar vulgar bagi orang yang menyadarinya. Mari kita ambil bandingan kalimat . Apa yang anda pahami jika dikatakan : “ Si Perawan Ayu hamil daripada si Jejaka Ganteng “ ? Dan apa pula yang anda pahami jika dikatakan :  “ Si Jejaka Ganteng turun atas Perawan Ayu “ lalu kemudian ” Si Perawan Ayu “ menjadi hamil ? Tidak perlu menjadi ahli bahasa terlebih dahulu untuk memahaminya . Maksud kalimat “ Si Perawan Ayu hamil daripada si Jejaka Ganteng “ adalah “Si Perawan Ayu dihamili si Jejaka Ganteng “ dan kalimat “Si Jejaka Ganteng  turun  atas  Perawan  Ayu “ dipahami  dengan  “ Si  Jejaka  Ganteng  meniduri             ( berhubungan seks dengan ) Perawan Ayu “. Hal itu pula yang dipahami atas kalimat ayat Bibel tentang kehamilan Maryam : “ Maryam hamil dari pada Rohu’lkudus ”  ( Mat. 1 : 18  ) dan ” Rohu’lkudus akan turun atas Maryam ”  (  Luk. 1 : 35  )  yaitu Maryam akan dihamili Roh Kudus . Penganut Kristen harus menerima ini , suka atau tidak suka walaupun sangat membuat emosi terbakar .
Ini berbeda dengan yang diungkapkan Al Qur’an, yang benar –benar agung sekali . Tidak konyol dan tidak vulgar seperti itu . Perhatikan terjemahan ayat Al Qur’an  s. Maryam 16-22 yang berbicara tentang kehamilan Maryam berikut :
Dan ceritakanlah ( kisah ) Maryam  di dalam Al Qur’an  yaitu ketika ia menjauhkan diri dari keluarganya ke suatu tempat di sebelah timur .
      Maka ia mengadakan tabir ( yang melindunginya ) dari mereka ; lalu Kami mengutus roh Kami 
     ( Jibril  as.) kepadanya , maka ia menjelma dihadapannya ( dalam bentuk ) manusia yang sempurna

0 komentar:

Posting Komentar