Rabu, 05 September 2012

INJIL BARNABAS DAN AJARAN – AJARAN YESUS MENJADI ALASAN PENOLAKAN PENGANUT KRISTEN


PEMBICARAAN MENGENAI INJIL BARNABAS

Beberapa pernyataan dalam INJIL BARNABAS  terutama yang terkait dengan kepercayaan dasar Kristen memang banyak yang bertentangan dengan ajaran dan keyakinan yang dianut oleh gereja dan penganut Kristen .  Jika membaca maka sesungguhnya , sebagian besar pernyataan dalam INJIL BARNABAS justru selaras dengan Injil-Injil Kanonik . Berikut ini dikutipkan beberapa pernyataan dalam INJIL BARNABAS yang penting tetapi  bertentangan dengan keyakinan Kristen dimaksud .

A.    PENOLAKAN YESUS KRISTUS ( Isa Al Masih as.) ATAS SEBUTAN DIRINYA SEBAGAI TUHAN .

Injil Barnabas menceritakan penolakan Yesus Kristus ( Nabi Isa Al Masih as ) atas klaim terhadap dirinya sebagai Tuhan , kita dapat membacanya dalam pasal 52 , pasal 70, pasal 91 , pasal 92, pasal 93, dan pasal 94  dengan lanjutannya pasal 95  .

Pasal 52  ( dikutip ayat hanya  10 sd. 12 ) .

Sebenarnya aku katakan kepadamu dari lubuk hati bahwasanya aku merasa seram karena dunia ini akan memanggil aku Tuhan .
Dan karena itu aku berkewajiban mengajukan perhitungan.
Demi Allah yang jiwaku berdiri di hadirat-Nya , sesungguhnya aku ini adalah seorang lelaki yang akan fana seperti semua manusia .

Pasal 70  ( dikutip ayat hanya 3 sd.6  , 10 ; 13 -14 ) .

Yesus menjawab : “ Dan kamu , apa yang kamu katakana tentang aku ?  “.
Peterus menjawab : “ Sesungguhnya engkau adalah al-Masih anak Allah “.
Lalu meradanglah Yesus serta membentaknya dengan marah, katanya : “ Enyah dan pergilah engkau dari mukaku , karena engkau adalah SETAN dan berusaha untuk berbuat jahat kepadaku “.
Kemudian ia mengancam ke sebelas orang itu sambil berkata : “ Celaka bagimu apabila kamu mempercayainya , karena aku akan mendapat kutukan besar dari Allah jika ada yang mempercayai ini “.
Akan tetapi dia membentaknya pula sambil berkata : Hati-hatilah kau mengatakan sekali lagi kalimat-kalimat seperti itu , karena Allah pasti akan mengutukmu “.
Bahkan , tidakkah kamu ketahui bahwa Allah telah menciptakan segala sesuatu ini dari tiada dengan satu perkataan dan asal permulaan semua manusia ini dari segumpal tanah .
Maka bagaimanakah dapat Allah menyerupai manusia ?

Pasal 91.  ( dikutip ayat hanya 3 sd.6  )  

Maka dari itu terjadilah suatu kegaduhan yang besar sehingga penduduk Yudea seluruhnya memanggul senjata selama empat puluh hari , di mana si anak melawan ayahnya dan saudara melawan saudaranya .
Karena  sebagian  dari  mereka  mengatakan  : “ Bahwa Yesus itu adalah Allah yang telah
datang ke bumi “.
Sedangkan sebagian  yang lain mengatakan : “ Tidak , tetapi dia adalah Anak Allah “.
Dan berkata yang lain : “ Tidak ! Karena Allah itu tiada menyerupai manusia , dari itu Dia tiada beranak , tetapi sebenarnya Yesus orang Nazaret itu adalah Nabi Allah “.

Pasal 92  ( dikutip ayat 3 sd. 6 , 8  dan 18 sd. 19  ).

Ketika keempat puluh hari itu telah lewat , maka mendekatlah Yesus ke sungai Yarden untuk pergi ke Yerusalem .
Kemudian terlihatlah dia oleh salah seorang yang mengimankan bahwa Yesus itu adalah Allah .
Lalu menjeritlah orang itu dengan sangat kegirangan :“Bahwa Tuhan kita sedang datang “.
Dan ketika ia sampai ke negeri, digemparkannya seluruh negeri , katanya : “ Bahwa Tuhan kita telah datang hai Yerusalem, bersedia-sedialah untuk menerimanya  “.
Maka keluarlah dari negeri itu seluruh penduduk, kecil besar untuk melihat Yesus
Dan  ketika mereka mengenalnya , menjeritlah mereka  sambil mengatakan : “ Selamat datang ya Tuhan kami “ lalu bersujudlah mereka kepadanya sebagaimana mereka bersujud kepada Allah  .
Maka bernapas panjanglah Yesus dan mengatakan : “ Enyahlah kalian dari pada ku wahai orang-orang gila , karena aku takut kalau bumi ini dari sebab omonganmu yang terkutuk  itu , membuka mulutnya dan menelan aku bersama kalian “

Pasal 93  ( dikutip ayat 1 sd. 3  - 9 -11 )

Diwaktu itu , Yesus mengangkat tangannya sebagai isyarat untuk diam .
Lalu ia berkata : “ Sesungguhnya kalian telah sesat dengan kesesatan yang  besar wahai orang-orang Israil , karena kamu memanggil aku ini Tuhan kamu, sedang aku adalah seorang manusia .
Dan karena itu sungguh kukhawatirkan bahwa Allah akan menurunkan di negeri kudus ini wabah yang dahsyat dan menyerahkannya untuk diperbudak orang-orang asing .
Aku bersaksi di depan langit dan mempersaksikan segala sesuatu di muka bumi ini , bahwa aku bebas ( suci ) dari segala sesuatu yang kalian telah katakan itu .
Karena aku ini adalah seorang manusia , dilahirkan oleh seorang perempuan yang juga bersifat manusia fana dan menjadi sasaran hukum Allah , merasakan kepayahan dalam hal makan dan tidur dan kepayahan ( ditimpa ) dingin dan panas seperti semua manusia
Dari itu , apabila Allah datang mengadili , maka uraianku ini akan merupakan sebuah pedang yang membelah tiap orang yang mengimankan bahwa aku ini lebih besar dari seorang manusia .
     
Pasal 94  ( dikutip ayat 1 sd. 3 )

Maka ketika Yesus mengatakan demikian itu , ia mengulangi lagi seruannya : “ bahwasanya aku bersaksi di hadapan langit dan mempersaksikan semua yang menghuni bumi ini , bahwa aku ini bersih dari segala yang dikatakan orang tentang aku bahwa aku ini lebih besar dari manusia .
Karena sebenarnya aku ini adalah seorang yang dilahirkan dari seorang perempuan dan menjadi sasaran hukum Allah , hidup  seperti manusia ( yang lain ) dan mengalami segala kepayahan .
Demi Allah yang jiwaku berdiri dihadapan-Nya , sesungguhnya engkau wahai Imam , telah melakukan dosa besar dengan omongan yang telah engkau katakan .

Pasal 95  ( dikutip ayat 19-20 )
Maka sesungguhnya aku ini adalah seorang manusia yang bisa dilihat dan segumpal tanah, berjalan di atas bumi dan akan fana seperti seluruh manusia .
Dan bahwa ada permulaan bagiku pun juga akan ada kesudahan bagiku dan bahwa aku tidak dapat menciptakan seekor lalat “

Pasal 128  ( dikutip ayat 2 , 5, 8-9 )

Kukatakan ( kepadamu ) wahai saudara-saudara bahwa Setan itu telah menyesatkan kamu melalui tentara Rum ketika kamu mengatakan bahwa aku ini Allah .
..............................................................................................................................................
Wahai ! Suatu kecongkakan yang tidak pernah terdengar bandingannya yaitu kecongkakan seorang manusia yang melupakan keadaannya lalu ini untukmembuat Tuhan menurut hawa nafsunya , padahal Allah telah menciptakan dia dari tanah .
..............................................................................................................................................
Padahal sesungguhnya aku ini tidak berdaya menciptakan seekor lalt bahkan aku sendiri akan lenyap dan fana , tiada mampu memberikan kepadamu sesuatu yang berfaidah karena aku sendiri masih membutuhkan kepada segala sesuatu .
Maka bagaimanakah aku berkuasa untuk membantumu dalam segala sesuatu sebagai-mana biasanya yang diperbuat oleh Allah

Sangat jelas menurut Injil Barnabas , Yesus menolak dirinya disebut Tuhan dan Anak Allah  karena memang beliau hanya seorang manusia biasa . Lalu apakah Injil Barnabas itu salah ? Cerita penolakan Yesus untuk disebut Tuhan  , sebenarnya dapat pula dipetik dalam Bibel yang diakui kanonik oleh gereja Kristen sekarang ini, baik Katolik ataupun Protestan . Baca ayat Matius 7 : 21-23  berikut  :

Bukannya tiap-tiap orang yang menyeru aku : “ Tuhan , Tuhan “ akan masuk ke dalam kerajaan surga ; hanyalah orang yang melakukan kehendak Bapaku yang di surga .
Pada hari itu kelak , banyaklah orang berkata kepadaku : “ Tuhan , Tuhan , bukankah dengan nama Tuhan kami membuangkan setan dan dengan nama Tuhan kami mengadakan banyak mukjizat ? “.
Pada ketika itu , aku akan berkata kepada mereka itu dengan nyata : “ Bahwa tiada pernah  aku mengenal kamu ; undurlah daripadaku , hai kamu yang mengerjakan yang jahat “

Cercaan Yesus atas orang yang memanggil dirinya dengan sebutan “ tuhan “ sebagaimana yang tercantum dalam ayat Matius 7: 21- 23 ini, sejalan dengan ayat Barnabas 70 : 4 sd. 6 , yang menceritakan , ketika Yesus bertanya kepada Peterus tentang siapa dirinya maka Peterus menjawab : “ Sesungguhnya engkau adalah al-Masih anak Allah “ maka Yesus menjadi sangat marah dan berkata : “ Enyah dan pergilah engkau dari mukaku , karena engkau adalah SETAN dan berusaha untuk berbuat jahat kepadaku “.
Simaklah ayat Matius 7 : 21- 23  baik-baik. Orang yang memanggil Yesus sebagai “Tuhan “ tidak akan masuk surga . Orang yang membuang setan dan mengadakan mukjizat atau setiap kegiatan atas nama Yesus sebagai Tuhan , akan ditolak oleh Yesus dan ditetapkan sebagai perbuatan jahat. Yesus berkata  kepada mereka yang menyebut atau menjadikan Yesus sebagai Tuhan : “ hai kamu yang mengerjakan yang jahat  “ alias “ PENJAHAT “. Dengan demikian , ayat Matius 7 : 21-23 ini merupakan dalil yang sangat jelas dan gamblang  betapa Yesus menolak setiap penisbatan atas dirinya sebagai Tuhan . Nilai KEJAHATAN ( Kedhaliman ) yang dilakukan seseorang yang menyeru Yesus sebagai “ Tuhan “ dan untuk segala kegiatannya mengatas-namakan Yesus sebagai “ Tuhan “, rupanya sangat tinggi sehingga Yesus sendiri memberi penilaian kepada mereka  :

Sesungguhnya aku berkata kepadamu, bahwa orang pemungut cukai dan perempuan pekerja seks komersial  pun mendahului kamu masuk surga ( Mat. 21: 31) .

Rupanya pemungut cukai dan perempuan pekerja seks komersial ( pelacur )masih memiliki kualitas akidah yang lebih baik dari penganut Kristen yang menjadikan Yesus sebagai Tuhan ; dan itupun bukan karena menjadi pengikut Yesus melainkan karena mereka iman kepada yang diajarkan Yahya bukan kepada Yesus :

Karena Yahya sudah datang kepadamu akan menunjukkan jalan kebenaran , maka tiada kamu  percaya   akan   dia ;  tetapi   orang  penungut  cukai  dan  perempuan  sundal  itu
sudah percaya akan dia ….  (  Mat.  21  : 32 )  .

Pernyataan ini menjadi bukti bahwa untuk masuk surga cukup beriman kepada Yahya  bukan percaya apalagi menyembah kepada Yesus sebagai Tuhan dan mempercayainya mati disalib untuk menebus dosa-dosa manusia . Mengapa kualitas akidah penganut Kristen  selaku  kelompok manusia yang suka memanggil Yesus sebagai  “ Tuhan “ bisa lebih rendah dari akidah pemungut cukai dan perempuan pekerja seks komersial ,  tidak  lain  karena  penganut  Kristen  selalu  menyebut,  memanggil  dan menjadikan Yesus sebagai Tuhan, padahal Yesus cuma manusia ! Perhatikan juga ayat 1 Yahya 4 : 3 yang menegaskan  : setiap roh ( maksudnya : manusia , ZA )  yang tidak mengakui Yesus sebagai manusia ( tidak mengakui Yesus datang dalam keadaan daging), maka roh ( manusia ) itu adalah roh Dajjal ( manusia Dajjal ). Makna : “ mengakui Yesus sebagai manusia “ harus dilihat sebagai manusia menurut apa adanya . Jika mengakui Yesus sebagai Tuhan , berarti tidak mengakui Yesus datang dalam keadaan daging ( sebagai manusia ) seutuhnya .
Jadi INJIL BARNABAS tidak sendiri. Pengungkapan Injil Barnabas tentang penolakan Yesus untuk dinisbatkan sebagai Tuhan , sesungguhnya tidak salah , sebab Injil yang diakui kanonik oleh gereja Kristen juga menegaskan hal yang sama walaupun tidak secara  langsung . Sebutan    Anak Allah “ yang tadinya secara tradisi Yahudi hanya menunjukkan seseorang yang taat kepada Allah telah berkembang menjadi satu konsep untuk Yesus dalam pemahanan sebagai unsur ketuhanan. Begitu pula pengembangannya kepada penetapan seba-gai “ Tuhan “. Semua itu adalah produk dari filsafat Yunani  (Hellenistik) yang serba dewa .
Penganut Kristen memang memiliki pemahaman bahwa “ daging manusia “-nya Yesus adalah inkarnasi dari FIRMAN ALLAH . Kepercayaan tentang inkarnasi adalah kepercayaan yang Hinduistik . Hal ini dihubungkan dengan ayat Yahya 1 :1 yang menyatakan  FIRMAN ALLAH , sehingga Yesus juga adalah Allah . Tapi sebenarnya penganut Kristen dihadapkan dengan kesu-litan teologis dalam memahami dan menjelaskan Yesus sebagai inkarnasi dari Firman Allah . Akibatnya di kalangan Kristen sendiri terjadi pertentangan antar sekte bagaimana memahami Yesus ini .
Pada abad abad pertama Masehi berkembang satu sekte di lingkungan Kristen yang dikenal dengan Ebionit atau Ebyon . Sekte ini berkeyakinan , Yesus adalah manusia biasa seperti manusia lainnya yang dilahirkan dari rahim seorang perempuan bernama Maryam dari ayah bernama Yusuf . Sekte ini hanya patuh dengan syariat Musa dan pengamalan terhadap syariat Musa  ini merupakan dasar untuk memperoleh keselamatan dan pertolongan Tuhan. Sekte Ebionit ini juga menolak ajaran Paulus dengan surat-suratnya . Sekte Ebionit diduga merupakan lanjutan Jemaat Yerusalem yang dipimpin oleh Yakub – saudara dari Yesus  - sepeninggal Yesus dan  tetap mempertahankan ajaran-ajaran Yesus yang bersumber pada ajaran Torat Musa .

B.       PENGAKUAN YESUS KRISTUS ( Nabi Isa  Al Masih as. ) TENTANG PEMENUHAN PERJANJIAN ALLAH DENGAN IBRAHIM MELALUI ISMAIL BUKAN DENGAN ISHAK .

INJIL BARNABAS memuat pengakuan Yesus tentang perjanjian Allah dengan Ibrahim melalui anaknya : ISMAIL , bukan dengan anaknya : ISHAK . Pengakuan Yesus ini termuat dalam  berbagai pasal , yaitu pasal 44 , pasal  191 dan pasal 208 .

Pasal 43 : 20 -31

Yakub menanyakan : ” Ya Guru , katakanlah kepada kami , dengan siapakah perjanjian itu dibuat ? Karena orang Yahudi mengatakan : DENGAN ISHAK . Dan orang-orang Ismaeli mengatakan : DENGAN ISMAIL ”
Yesus menjawab : ” Putera siapakah gerangan Daud itu dan dari keturunan yang manakah ia ? ” .
Yakub menjawab : ” Dari Ishak karena Ishak adalah ayah Yakub dan Yakub adalah ayah Yehuda yang Daud itu dari keturunannya ”.
Maka di saat itu Yesus berkata : ” Jadi apabila Rasul Allah itu tiba maka dari turunan siapakah gerangan dia itu ?”.
Dijawab oleh para murid : ” Dari pada Daud ”.
Maka Yesus menjawab : ” Janganlah kamu menipu dirimu . Karena Daud memanggilnya di alam rohani : RABBI , demikian katanya : ” Allah berfirman kepada rabbi-ku ; duduklah engkau di sisi kanan-Ku supaya kujadikan musuh-musuhmu tempat berpijak untuk kedua kakimu . Tuhan akan mengirimkan tongkatmu yang mempunyai kekuasaan di tengah lawan-lawanmu . Maka apabila RASUL ALLAH yang kamu namakan dia MESSIAS  itu putera Daud , maka bagaimanakah Daud menamakan dia itu : RABBI ? . Percayalah kamu kepadaku karena aku bertutur benar kepadamu bahwa perjanjian itu dibuat dengan Ismail , bukan dengan Ishak ”.

Dialog Yesus dengan para murid tentang ” Yesus anak Daud ”  ini kita dapatkan dalam Injil Kanonik , ayat Matius 22 : 41-46  ( bandingkan Lukas 20 : 41- 44  , tetapi dialog konfirmasi sepenting tidak tercantum dalam Injil Markus dan Injil Yahya ) sebagai berikut :

Tatkala orang Parisi lagi berhimpun , bertanyalah Yesus kepada mereka itu , katanya :        ” Apakah pikiran kamu tentang Kristus itu ? Anak siapakah Dia ? ”.
Maka sahut mereka itu kepadanya : ” Anak Daud ” .
Maka kata Yesus kepada mereka itu : ” Kalau begitu, bagaimanakah Daud itu sendiri memanggil Dia ” Tuhan ” dengan ilham Roh demikian : ’ Bahwa Tuhan telah berfirman kepada Tuhanku : Duduklah Engkau di sebelah kananku sehingga Aku menaklukkan segala msuhmu di bawah kakimu ? . Jikalau Daud sendiri memanggil Dia : ’ Tuhan ’ , bagaimanakah pula Ia jadi anakNya ? ”.
Maka seorangpun tiada dapat menyahut sepatah katapun kepadanya dan daripada hari itu juga seorangpun tiada berani menyoal Dia .

Nuansa Yesus bermain teka-teki sangat kuat dalam versi Matius 22 : 41- 46 dan  Lukas 20 : 41- 44 dibandingkan versi Barnabas  43 : 20 -31 karena dalam versi versi Matius 22 : 41- 46 dan  Lukas 20 : 41- 44 pertanyaan dan permasalahan demikian muncul secara tiba-tiba saja . Sedangkan dalam versi Barnabas  43 : 20-31 , pertanyaan dan permasalahan dari Yesus tersebut muncul karena adanya pertentangan klaim antara kaum Yahudi dengan kaum Ismail tentang  ” MESSIAS ” yaitu menurut kaum Yahudi , Messias itu datang dari turunan Ishak sedangkan menurut kaum Ismail , Messias itu datang dari turunan Ismail . Yesus memberikan pertanyaan itu untuk menunjukkan ketidak-mungkinan Messias itu datang dari turunan Ishak melainkan  datang dari turunan Ismail . Jadi dalam versi Barnabas , Yesus tidak bermain teka-teki melainkan membawa kaum Yahudi untuk berfikir logis tentang asal-usul Mesias yang sebenarnya .  
Perbedaan lainnya , ” teka-teki ” Yesus dalam versi Matius dimunculkan dan disampaikan kepada orang-orang Parisi yang datang berhimpun kepada Yesus , sedangkan dalam versi Barnabas , penjelasan tentang ketidak-mungkinan Messias itu datang dari turunan Ishak melainkan datang dari turunan Ismail untuk menjawab pertanyaan Yakub , adik dan sekaligus sebagai salah seorang murid utamanya

Pasal 44  ( dikutip ayat 1 - 4 ; 10-11 ; 27 – 30 ).

Di saat itu para murid mengatakan : “ Ya Guru , dalam kitab Musa tertulis demikian bahwa Perjanjian itu dibuat dengan Ishak  “.
Yesus menjawab dengan keluhan : “ Itulah yang tertulis “.
Akan tetapi Musa tidak menulisnya dan Yusak pun tidak .
Hanya para imam kita yang tidak takut kepada Allah ( yang menulisnya ).
Maka  berfirmanlah  Allah  kepada  Ibrahim  : “ Bawalah  anakmu  yang  sulung ISMAIL  ,
kemudian naiklah ke bukit untuk kau persembahkannya sebagai korban penyembelihan  “.
Maka bagaimanakah ISHAK itu bisa menjadi putera sulung sedang ketika ia dilahirkan Ismail berumur tujuh tahun ?.
Alangkah bahagianya , masa yang IA AKAN TIBA  padanya ke bumi ini .
Percayalah kamu kepadaku bahwa aku telah melihat dia dan telah memberinya hormat , begitu pula ia telah dilihat oleh semua nabi .
Karena Allah akan memberikan mereka jiwanya untuk kenubuatan .
Dan di kala kulihat dia, penuhlah aku dengan rasa kehiburan, kataku : Ya, MUHAMMAD,  semoga  Allah  besertamu  dan  menjadikan  aku  layak  untuk membuka tali kasutmu .

Pasal 190  ( dikutip ayat 1-2  ) –Pasal 191  ( dikutip ayat 3  sd . 10  )

Katakanlah kepadaku wahai saudara , sedang engkau seorang Ulama yang banyak mengetahui tentang syariat . Dengan siapakah diikatnya perjanjian tentang Messias itu kepada bapak kita Ibrahim ? Dengan Ishak ataukah dengan Ismail ? ” .
Ahli Torat itu menjawab : ” Ya Guru , saya takut memberitahumu tentang itu karena adanya ancaman hukuman mati ”.
....................................................................................................................................................
Kemudian Ahli Torat itu berkata : ” Sebenarnya aku pernah melihat sebuah kitab kecil yang lama , tertulis dengan tangan Musa dan Yusak ( yang pernah menghentikan matahari ) sebagai engkau kedua khadam dan Nabi Allah itu .
Dan itu adalah kitab Musa yang benar .
Di dalamnya ada tersurat bahwa ISMAIL itu adalah bapak Messias , sedang ISHAK  adalah bapak Utusan Messias .
Dan begitulah kitab itu berkata : “ Bahwa Musa telah mengatakan “ Wahai Allah Tuhan Israil , Yang Maha Kuasa dan Pengasih , tampaklah bagi hambaMu di dalam cahaya kebesaran-Mu .
Maka kepadanya diperlihatkanlah oleh Allah , Rasul-Nya itu di atas kedua lengan Ismail dan Ismail di atas kedua lengan Ibrahim.
Sedang Ishak berdiri di dekat Ismail dan di kedua lengannya , seorang anak menunjuk dengan jarinya kepada Rasul Allah sambil berkata : “ Ini dialah yang karenanya Allah menciptakan segala sesuatu “.
Lalu Musa meneriakkan dengan kegembiraan : “ Ya Ismail , sesungguhnya seluruh dunia dan surga itu berada di atas kedua lenganmu itu ,
Ingatlah kepadaku , aku hamba Allah , agar aku mendapat nikmat dalam pandangan Allah dari sebab anakmu yang karenanya Allah telah menciptakan segala sesuatu “

Pasal 208 ( dikutip ayat 4 sd. 7 ).

Demi Allah bahwa Ibrahim telah mencintai Allah sehingga ia tidak cukup dengan menghancurkan arca-arca palsu itu dan tidak cukup pula ia meninggalkan ayah-bundanya bahkan sampai ia akan menyembelih puteranya demi taatnya kepada Allah .
Kepala imam itu menjawab : “ Aku hanya bertanya , tentang ini dan aku tidak mencari jalan untuk pembunuhanmu , maka katakanlah kepada kami , siapakah gerangan putera Ibrahim itu ? “.
Yesus menjawab : “ bahwa Gairah karena kemulyaan-Mu ya Allah telah meluap-luapkan daku dan aku tidak bisa tinggal diam .
Sesungguhnya kukatakan kepadamu bahwa putera Ibrahim itu adalah ISMAIL yang pasti akan datang dari keturunannya itu Messias yang telah dijanjikan kepada Ibrahim bahwa dengannya akan berkatalah semua bangsa di bumi “

Pengakuan Yesus dalam INJIL BARNABAS di atas  memang sangat berbeda dengan pernyataan Bibel sebagaimana yang kita temukan sekarang ini . Penganut Kristen begitu pula kaum Yahudi , berkeyakinan bahwa anak Ibrahim yang terkait dengan peristiwa korban itu adalah ISHAK . Kita baca dalam ayat Kejadian 22 : 2  :
Lalu firman Tuhan : Ambillah olehmu akan anakmu yang tunggal itu yaitu ISHAK  yang kau kasihi , bawalah  akan  dia  ke  tanah  Moria dan persembahkanlah dia di sana akan korban
bakaran di atas sebuah bukit , yang akan kutunjuk kepadamu kelak .

Analisis atas ayat-ayat Bibel yang terkait dengan peristiwa korban ini menunjukkan bahwa tercantumnya nama ISHAK adalah satu manipulasi. Sebutan ” anakmu yang tunggal ” tidaklah cocok dengan ” Ishak ” karena ketika Ishak dilahirkan , Ibrahim telah memiliki seorang anak laki-laki : ISMAIL , anak dengan isteri bernama HAJAR ( HAGAR ) sedangkan Ishak adalah anak dengan isteri : SARAH , dan lahir ketika Ismail berusia 13 tahun . Sebutan ” anakmu yang tunggal ” hanya tepat dikenakan kepada Ismail karena peluang untuk sebuatan tersebut memang ada ketika dia masih sendirian sebagai anak Ibrahim . Dan ini membuktikan kebenaran pernyataan Yesus ( Isa Al Masih as ) dalam INJIL BARNABAS  diatas . Dan Injil Barnabas memngungkapkan pernyataan Yesus tentang adanya perubahan dari ” ISMAIL ” menjadi ” ISHAK ” sebagaimana yang dapat kita baca dalam Barnabas  pasal 42 : 1- 12  .
Pernyataan-pernyataan semacam inilah yang menjadi dasar penolakan penganut Kristen terhadap Injil Barnabas sekalipun benar dan didukung oleh kajian terhadap ayat-ayat Perjanjian Baru . Bahkan dalam mendukung sebutan  anakmu yang tunggal ” untuk dikenakan kepada ” Ishak ” , para apologist Kristen mengajukan argumentasi bahwa yang dimaksud dengan  tunggal ” ini adalah sebagai satu-satunya  anak dari isteri yang sah ” , sedangkan  Ismail adalah ” anak dari gundik ”.  Argumentasi ini terlalu dibuat-buat dan sangat bertentangan dengan tradisi masyarakat pada waktu itu sebagaimana yang diceritakan Bibel sendiri dan kajian atas ayat-ayat Bibel ternyata menolak argumentasi semacam itu dan terlihat sebagai mengada-ada .

C.   PENGAKUAN YESUS KRISTUS ( Nabi Isa  Al Masih as . ) DIRINYA BUKAN MESSIAS TETAPI RASUL ALLAH YANG AKAN DATANG SESUDAHNYA DAN BERNAMA : MUHAMMAD .

INJIL  BARNABAS   memuat   pengakuan  Yesus  tentang  kedatangan  Messias  atau  seorang Nabi/Rasul sesudahnya yaitu Nabi Akhir Zaman . Dan secara umum disebutkan dalam beberapa pasal  seperti pasal 17 : 22-23 - pasal 35 ayat 8 – pasal 122 ayat 26-27 - pasal 36 ayat 6 - pasal  72  - pasal 124 - Pasal  43  ( ayat  5 – 19 ) .  Berikut dikutip ayat-ayat dalam pasal-pasal tersebut .

Pasal 17 : 22-23

Karena semua Nab-Nabi berjumlah seratus empat puluh empat ribu yang telah diutus oleh Allah ke bumi , telah berbicara dengan kesamaran dan kiasan-kiasan.
Akan tetapi akan tiba  SESUDAH AKU, cahaya semua Nabi-Nabi dan manusia-manusia suci , maka akan tersorotlah cahaya atas segala kesamaran yang dikatakan oleh Nabi-Nabi itu , karena DIA ADALAH RASUL ALLAH.

Pasal 35  ( ayat 8 ).

Tahulah Setan yang berkedudukan sebagai imam dan kepala dari para malaikat itu dengan kecerdasan besar yang dimilikinya bahwa Allah akan mengambil dari gumpalan itu seratus empat puluh empat ribu orang bergelar dengan gelar nubuwat beserta RASUL ALLAH yang telah diciptakan rohnya sebelum segala sesuatu yang lain dengan enam pulu ribu tahun .

Pasal 36  ( ayat 6  ) 

Tetapi ummat manusia - di mana para Nabi seluruhnya telah datang kecuali RASUL ALLAH YANG AKAN DATANG SESUDAHKU karena Allah menghendaki demikian itu sehingga aku mempersiapkan jalannya – hidup dalam sembrono tanpa sedikit takut seakan-akan tidak ada Tuhan , padahal telah ada pada mereka contoh-contoh yang tak terbilang tentang keadilan Allah

Pasal  43  ( dikutip ayat  5 – 19  )

Ketika itu berkatalah Andreas : “ Sesungguhnya telah banyak engkau ceritakan pada kami tentang Messias , maka bermurahlah hatimu untuk menegaskan kepada kami tentang segala sesuatu “
Maka menjawablah Yesus : “ Setiap orang yang bekerja maka ia bekerja untuk sesuatu tujuan yang ia akan mendapatkan kekayaan bagi dirinya .
Dari itu aku katakan kepadamu, Oleh karena sesungguhnya Allah itu Maha Sempurna maka Dia tidak membutuhkan pada kekayaan ,karena ( seluruh ) kekayaan itu ada pada-Nya .
Maka dari sebab itu , ketika Ia ( Allah ) menghendaki untuk menciptakan ( makhluk) maka DICIPTAKAN ROH RASULNYA SEBELUM SEGALA SESUATU , yang karenanya Dia bertujuan menciptakan segala-galanya , agar para makhluk mendapatkan kegembiraan dan berkah dari Allah . Dan Ia akan menggembirakan RASULNYA dengan segala makhluk yang telah diciptakan itu untuk menjadi hamba-hamba bagi Allah . Dan mengapa , bukankah telah terjadi demikian melainkan hanya karena Allah menghendaki itu ?
Sesungguhnya aku katakan kepadamu bahwa SETIAP NABI APABILA IA DATANG MAKA IA AKAN MEMBAWA PERTANDAAN RAHMAT ALLAH HANYA KEPADA SATU UMMAT
SAJA . Dari sebab itu , uraian-uraian mereka tidak melintasi masyarakat yang mereka diutus kepadanya .
AKAN TETAPI RASUL ALLAH ITU APABILA DATANG , IA AKAN DIKARUNIAI ALLAH , SUATU YANG MERUPAKAN CINCIN STEMPEL DI TANGANNYA .
Maka IA AKAN MEMBAWA KESELAMATAN DAN RAHMAT BAGI UMMAT-UMMAT BUMI YANG MENERIMA AJARANNYA .
Dan dia akan datang dengan kekuatan terhadap kaum yang zalim .
Dan ia akan melenyapkan penyembahan berhala sehingga Setan itu kecewa .

Menarik disimak ayat Pasal  43  : 15-16 yang telah dikutipkan di atas . Dikatakan  bahwa di Rasul Allah itu dikaruniai dengan CINCIN/STEMPEL di tangannya . Ini merupakan ungkapan untuk menyatakan bahwa Rasul Allah itu adalah KHATAMUN NABIYYIN  , yang berarti NABI PENUTUP atau PENUTUP PARA NABI , tidak akan ada lagi nabi sesudah Rasul Allah tersebut . Dan juga dikatakan bahwa Rasul Allah itu : “ IA AKAN MEMBAWA KESELAMATAN DAN RAHMAT BAGI UMMAT-UMMAT BUMI YANG MENERIMA AJARANNYA  “. Pernyataan ini menunjukkan bahwa Rasul Allah itu diutus untuk seluruh ummat manusia dan menjadi RAHMATAN LIL AALAMIN - MENJADI RAHMAT BAGI SEKALIAN ALAM . Hal ini dipertegas pula pada ayat Barnabas pasal     97  : 5-9 .

Pasal 44 : 19 -31

Dari itu kukatakan kepadamu bahwa RASUL ALLAH itu adalah suatu keindahan yang menggembirakan hamoir semua yang diciptakan Allah.
Karena ia terhias dengan jiwa pengertian dan musyawarah , Jiwa kebijaksanaan dan kekuatan , Jiwa takut ( kepada Allah ) dan kecintaan , Jiwa waspada dan keseimbangan , terhias dengan Jiwa kecintaan dan belas kasihan , Jiwa keadila dan taqwa , Jiwa kelembutan dan kesabaran yang telah  diterimanya dari Allah tiga kali ganda yang dikaruniakan oleh Nya kepada seluruh makhluk .
Alangkah bahagaianya , masa yang IA AKAN TIBA PADANYA KE BUMI INI .
Percayalah kamu kepadaku bahwa AKU TELAH MELIHAT DIA DAN TELAH MEMBERINYA HORMAT , begitu pula ia telah dilihat oleh semua Nabi , karena Allah akan memberikan mereka jiwanya untuk kenubuwatan .
Dan kala kulihat dia , penuhlah aku dengan rasa kehiburan , kataku : “ YA MUHAMMAD , semoga Allah besertam,u dan menjadikan aku layak untuk membuka tali kasutmu “.
Karena apabila aku mendapatkan itu , maka aku akan menjadi seorang Nabi yang besar serta kudus Allah .

Pasal 72   ( dikutip ayat 9 – 23  , ayat  19-20  tidak dikutip )

Adapun yang bersangkutan dengan diriku , maka sesungguhnya kedatanganku ini hanya untuk mempersiapkan jalan bagi RASUL ALLAH yang akan membawa keselamatan bagi   ( seluruh ) dunia .
Akan tetapi hati-hatilah kamu jangan terperdaya karena banyak Nabi-nabi palsu akan datang , mengutip ucapanku dan menajiskan Injil-ku .
Pada waktu itu Andreas berkata : “ Ya Guru , sebutkan suatu tanda bagi kami untuk mengenalnya “.
Yesus menjawab : “ Sesungguhnya DIA TIDAK AKAN DATANG DI ZAMANMU ini tetapi ia akan datang sesudahmu beberapa tahun di waktu Injilku telah dibatalkan dan hampir tidak tidak ditemukan tiga puluh orang yang masih beriman .
Di saat itu Allah akan merahmati dunia lalu MENGUTUS RASULNYA yang kepalanya  ( selalu ) dinaungi oleh awan putih . DIA DIKENAL OLEH SALAH SEORANG PILIHAN ALLAH . Dan Allah akan memperkenalkannya kepada dunia .
Dan dia akan datang dengan kekuatan yang besar terhadap kaum durjana dan akan melenyapkan penyembahan berhala dari bumi ini .
Dan sesungguhnya aku gembira dengan itu karena dengan perantaraan dia , akan tersebar dan akan dipujilah Allah serta akan tampak kebenaranku .
Dan  ia  akan  bertindak  terhadap  mereka  yang  mengatakan  bahwa  aku lebih besar dari seorang manusia .
Sungguh kukatakan kepadamu bahwa  bulan akan menidurkan dia di masa keciilnya dan apabila ia telah dewasa , diambilnya bulan itu dengan kedua tangannya .
Maka hati-hatilah hendaknya dunia ini meninggalkan dia karena dia akan membasmi mereka yang menyembah berhala .
....................................................................................................................................................
Dan ia akan datang membawa kebenaran lebih terang dari seluruh nabi-nabi dan akan mengecam barang siapa yang tidak berkelakuan baik di dunia ini .
Dan akan hidup penuh kegembiraan menara-menara negeri nenek mpyang kita satu sama lain .
Maka apbila telah disaksikan runtuhnya penyembahan arca-arca di bumi , kemudian diakuinya bahwa aku ini adalah orang sebagai manusia yang lain maka benar-benar kukatakan kepadamu bahwa NABI ALLAH AKAN DATANG PADA WAKTU ITU

Pasal 97 ( dikutip ayat 5  sd. 9  )

Akan tetapi hiburanku adalah KEDATANGAN RASUL ITU yang akan membasmi tiap pendapat palsu tentang diriku , sedang agamanya akan mengembang dan menyeluruh ke segala pelosok dunia . Karena begitulah Allah telah menjanjikan Bapak kita Ibrahim .
Dan juga yang menghiburku adalah bahwa AGAMANYA ITU TIDAK ADA KESUDAHANNYA , karena Allah akan memeliharanya tetap benar .
Imam menjawab : “ Apakah setelah datangnya RASUL ALLAH ITU  , akan datang pula rasul-rasul lain ? “.
Yesus menjawab : ” Tidak akan datang sesudahnya Nabi-nabi benar yang terutus daripada Allah , Akan tetapi akan datang sejumlah besar dari para nabi palsu dan itulah yang menyedihkan aku “ .

Pasal 122 ( ayat 26 -27 )

Maka selamatkanlah kami ya Tuhan daripada Setan , daripada jasad dan dari dunia ini .
Sebagaimana Engkau menyelamatkan manusia-manusia pilihan—Mu demipengormatan bagi diri-Mu dan PENGHORMATAN BAGI RASUL-MU YANG KARENA DIA , ENGKAU TELAH MENCIPTAKAN KAMI dan demi penghormatan bagi semua kudus-kudus-Mu dan Nabi-Nabi-Mu

Pasal 124  ( ayat 8 -11 )

Sungguh kukatakan kepadamu , Andaikata kebenaran itu tidak terhapus dari kitab Musa niscaya Allah tidak akan mengaruniakan Daud bapak kita , kitab yang kedua itu .
Dan andaikata kitab Daud itu tidak dirusak niscaya Allah tidak akan menyerahkan Injil-Nya kepadaku .
Karena Allah Tuhan kita itu tidak berubah dan Ia telah menfirmanakan satu tugas untuk seluruh ummat manusia .
Maka apabila RASUL ALLAH ITU  TIBA , ia akan membersihkan kitabku dari segala kerusakan yang diperbuat oleh kaum durjana

Pasal 212  ( ayat 17-18 )

Wahai Allah Tuhan yang dengan pemeliharaan-Mu , Kau karuniakan segala kebutuhan bagi keluarga-Mu Israil , ingatlah semua suku-suku di dunia yang telah Kau janjikan akan memberkati mereka dengan RASUL-MU YANG KARENA DIA , ENGKAU CIPTAKAN ALAM INI . Rahmatilah dunia ini dan percepatlah pengutusan RASUL-MU dan percepatlah PENGUTUSAN RASUL-MU agar ia merampas kekuasaan seta seteru-Mu itu

Selanjutnya  penyebutan  nama  Nabi Muhammad  saw dalam Injil Barnabas sebagai Rasul Allah
yang disebutkan  dapat dibaca dalam  sejumlah pasal .

Pasal 39  ( dikutip ayat 14 -16 ; 19-20 ; 23-27 ).

Dan ketika Adam telah berdiri di atas kedua kakinya , ia melihat di angkasa sebuah tulisan yang bersinar - sinar  seperti  matahari , bunyinya : “ Tiada  Tuhan  melainkan Allah  dan  Muhammad ( yang terpuji ) Rasul Allah “.
Maka ketika itu Adam membuka mulutnya seraya berkata : “ Aku bersyukur kepadaMu wahai Allah , Tuhanku karena engkau telah bermurah dengan menciptakan daku .
Akan tetapi aku bermohon kepadaMu , untuk memberitahukan aku , apakah arti kalimat-kalimat ini “ Muhammad Rasul Allah “.
.................................................................................................................................................
Dan yang engkau lihat itu adalah anakmu yang akan datang ke bumi setelah bertahun-tahun dari masa kini.
Dan ia akan menjadi Rasul-Ku yang karenanya Aku ciptakan segala sesuatu .
...................................................................................................................................................
Maka Adam bermohon kepada Allah , katanya “ Ya Tuhan , karuniakanlah akan daku tulisan ini di atas kuku jari-jari tanganku “.
Maka Allah telah mengaruniai manusia pertama akan tulisan itu pada kedua ibu jari ta-ngannya; pada kuku ibu jarinya yang kanan tertulis:“ Tiada Tuhan melainkan Allah[1] ).
Dan pada kuku ibu jarinya yang kiri tertulis “ Muhammad Rasul Allah “.
Maka manusia pertama itu telah mencium dengan penuh kasih kebapakan pada kalimat-kalimat itu. Lalu diusaplah kedua mtanya kemudian ia berkata : ” Diberkahilah hari itu di mana engkau akan tiba di dunia ”.

Pasal 41  ( dikutip ayat 30  - 31 ; 33 -34  ).

Karena Aku akan mengutus anakmu dengan suatu cara yang memungkinkan keturunanmu bisa terlepas dari keuasaan Setan atas bangsa manusia .
Karena Aku akan mengaruniakan segala sesuatu kepada Rasul-Ku yang akan datang itu .
..................................................................................................................................................
Maka manakala Adam menoleh , terlihatlah olehnya sebuah tulisan di atas pintu : “ Tiada Tuhan melainkan Allah , Muhammad itu Rasul Allah “.
Maka menangislah ( Adam ) di waktu itu , kemudian ia berkata : “ Wahai anak , semoga Allah menghendaki kedatangannmu selekasnya dan engkau menyelamatkan kita dari sengsara ini “.

Pasal 42  ( dikutip ayat 4 --16  ; 29-31 ).

Dari itu mereka telah mengutus orang-orang Lewi dan sebagian  ahli Torat untuk menanyakan kepadanya , kata mereka : “ Siapakah gerangan engkau ? “.
Maka Yesus telah mengakui dengan menyatakan : “ Sesungguhnya aku ini bukanlah Messias “.
Lalu mereka bertanya : “ Adakah engkau ini Elia atau Yeremia atau salah satu nabi-nabi yang dahulu ? “.
Yesus menjawab : ” Bukan ! ”
Ketika itu mereka bertanya : ” Siapakah gerangan engkau ini ?
Katakanlah kepada kami agar kami mempersaksikan itu kepada mereka yang mengutus kami ”.
Ketika itu Yesus mengatakan : ” Aku ini adalah jeritan suara di seluruh Yudea .
Menjeritkan : ” Persiapkanlah jalan bagi Rasul Tuhan sebagaimana yang tertulis dalam Yesaya ”.
Berkatalah mereka : “ Jika engkau bukan Messias dan bukan Elia atau seorang Nabi yang lain , maka mengapakah engkau memberitakan  suatu  ajaran  baru  dan menjadikan dirimu
lebih besar dari Messias ? “.
Yesus menjawab : “ Sesungguhnya mu’jizat yang dibuat oleh Allah melalui tanganku itu adalah membuktikan bahwa aku ini berbicara dengan apa yang dikehendaki Allah “.
Dan aku tidak menghitung diriku seperti mereka yang kalian sebut itu .
Karena aku tidak layak menguraikan tali-tali kasut atau ikatan terumpah Rasul Allah yang kalian namakan Messias itu .
Yang telah diciptakan sebelum aku dan akan datang sesudahku
Dan ia akan membawa berita-berita benar dan agamanya ( Rasul ) itu tidak berkesudahan.
.................................................................................................................................................. karena Allah akan memberikan mereka jiwanya untuk kenubuwatan
Dan di kala kulihat dia, penuhlah aku dengan rasa kehiburan , kataku : ” Ya Muhammad semoga Allah besertamu dan menjadikan aku layak untuk membuka tali kasutmu .
Karena apabila aku mendapatkan itu maka aku akan menjadi seorang Nabi yang besar serta kudus Allah ”

Pasal 44 : 28  -31

Percayalah kamu kepadaku bahwa AKU TELAH MELIHAT DIA DAN TELAH MEMBERINYA HORMAT , begitu pula ia telah dilihat oleh semua Nabi , karena Allah akan memberikan mereka jiwanya untuk kenubuwatan .
Dan kala kulihat dia , penuhlah aku dengan rasa kehiburan , kataku : “ YA MUHAMMAD , semoga Allah besertam,u dan menjadikan aku layak untuk membuka tali kasutmu “.
Karena apabila aku mendapatkan itu , maka aku akan menjadi seorang Nabi yang besar serta kudus Allah .

Pasal  82  ( dikutip ayat  9– 18  )

Maka  menjawablah  perempuan  itu : “ Sesungguhnya  kami  sedang menantikan  Messias ,
maka apabila ia datang , dia akan mengajar kami  “.
Yesus menjawab : ” Apakah engkau mengetahui wahai perempuan , Messias itu pasti akan datang ? ”.
Ia menjawab : ” Ya , wahai tuan ! ”.
Pada waktu itu berseri-serilah wajah Yesus .
Lalu ia berkata : “  Terlihat olehku wahai perempuan bahwa engkau ini adalah seorang yang beriman “.
Jika  demikian , maka  ketahuilah  bahwa  dengan  mengimankan  Messias  itu ,  Allah  akan menyelamatkan semua orang yang dipilihNya .
Maka wajiblah engkau ketahui tentang kedatangan Messias itu .
Perempuan itu berkata : “ Barangkali engkaulah Messias itu , wahai tuan “.
Yesus menjawab : “ Sesungguhnya benar aku diutus kepada rumah Israil sebagai nabi keselamatan ,
Akan tetapi Messias itu akan datang sesudah aku , seorang  utusan dari Allah untuk seluruhdunia yang karenanya Allah telah menciptakan dunia ini .

Pasal  96  ( dikutip ayat  3-5  ; 7 -12 )

Imam itu menjawab : “ Bahwa telah disuratkan dalam kitab Musa bahwa Tuhan kita akan mengutus untuk kita : Messias , yang akan datang buat memberitahukan kita tentang apa yang dikehendaki oleh Allah dan dia akan membawa rahmat Allah bagi  ( penduduk ) bumi .
Dari itu kuharap supaya engkau berkata berkata benar kepada kami ; apakah engkau ini Messias –Allah yang kami nanti-nantikan itu ?
Yesus menjawab : ” Benar Allah telah menjanjikan demikia, akan tetapi AKU INI BUKANLAH DIA karena dia itu tercipta sebelum aku dan akan tiba sesudahku ”.
...................................................................................................................................................
Dari itu kuharap atas nama Yudea dan Israil seluruhnya supaya engkau jelaskan kepada kami , demi kecintaan kepada Allah , dengan cara bagaimanakah Messias itu akan datang ?
Yesus  menjawab  : “ Demi  Allah  yang  aku  berdiri  di  hadapan-Nya , bahwa sebenarnya  aku  ini  bukanlah  Messias  yang  sedang  dinantikan  oleh seluruh bangsa-bangsa di muka bumi , seperti yang telah dijanjikan oleh Allah kepada bapak kita Ibrahim, Firman-Nya : ‘ Dengan anak keturunanmu Aku memberkahi semua bangsa-bangsa di dunia ‘.
Akan tetapi , di waktu aku  diambil oleh Allah  maka  SETAN  akan  mengobarkan sekali lagi fitnahan yang terkutuk ini , dengan mempengaruhi orang yang tidak bertaqwa untuk mempercayai bahwa aku ini Allah dan anak Allah .
Dengan demikian itu, uraian dan ajaran-ajaranku akan menjadi najis karenanya, sehingga sisa mereka yang beriman tidak genap tigapuluh orang .
Pada saat itu Allah akan menganugerahkan rahmat atas penduduk dunia ini lalu mengutus Rasul-Nya , yang karenanya , Dia telah menciptakan segala sesuatu .
Yang IA AKAN DATANG DARI SELATAN dengan kekuatan dan akan membasmi serba berhala beserta penyembah-penyembahnya .

Pasal 97 ( dikutip  14 sd. 19  )

Ketika itu Imam menanyakan : “ Dinamakan apakah Messias itu dan apakah tanda yang menunjukkan kedatangannya ? “.
Yesus menjawab : “ Sesungguhnya nama Messias itu ajaib , karena Allah sendiri yang memberikan nama itu di kala Allah menciptakan rohnya dan meletakkannya di suatu tempat yang indah di langit “.
Allah berfirman : “ Sabarlah ya MUHAMMAD , karena untukmu Aku akan menciptakan surga dan dunia serta jumlah yang besar dari makhluk-makhluk yangKukaruniakan kepa-damu , sehingga  siapa  yang memberkati  engkau , menjadi  berkat  dan  yang mengutukmu
menjadi terkutuk .
Kemudian, apabila Aku mengutusmu ke dunia , Ku akan jadikan engkau Rasul-Ku untuk keselamatan , dan kalimatmu itu akan menjadi benar , sehingga langit dan bumi bisa lemah tetapi imanmu tidak akan menjadi lemah sama sekali .
Bahwa namanya yang diberkahi itu adalah MUHAMMAD  “.
Di saat itu , khalayak ramai meneriakkan  : “ Ya Allah , utuslah Rasul-Mu itu kepada kita , ya MUHAMMAD, marilah selekasnya untuk keselamatan dunia “.


Pasal 112  ( dikutip ayat 17-18 )

Akan tetapi apabila telah datang MUHAMMAD , RASUL ALLAH yang kudus itu , akan hilanglah dari padaku kecemaran itu .
Dan Allah akan melaksanakan itu , karena  aku  telah  mengakui akan kebenaran  MESSIAS  yang  akan  memberikan kepadaku anugerah  itu agar diketahui  orang bahwa aku ini masih hidup dan aku tersuci dari kematian yang tercela .

Pasal 163  ( dikutip ayat  3 – 11 )

Pada waktu itu Yesus berkata : “ Wahai saudara-saudara bahwasanya keabadian terpilihnya seorang itu adalah rahasia besar sehingga sebenarnya kukatakan kepadamu bahwa tiada yang mengetahuinya dengan sejelas-jelasnya kecuali SEORANG SAJA .
Yaitu yang dinanti-nantikan oleh semua ummat , seorang yang tampak bagnya sejelas-jelasnya rahasia-rahasia Allah . Maka bahagialah bagi mereka yang akan mendengar-kan uraian-uraiannya apabila IA DATANG KE DUNIA ini .
Karena Allah akan menaungi mereka sebagaimana pohon kurma ini menaungi kita .
Yah, sebagaimana pohon kurma ini melindungi kita dari terik panasnya matahari , begitu-lah  pula  Rahmat  Allah  akan melindungi kaum mukminin  DENGAN NAMA  ITU daripada
Setan .
Para murid menanyakan : “ Ya Guru , dapatkah gerangan ORANG YANG ENGKAU SEBUT-SEBUT akan datang ke dunia ini ? “.
Yesus menjawab dengan hati gmbira : “ Dia adalah MUHAMMAD RASUL ALLAH “.
Maka apabila ia datang ke dunia ini , ia akan menjadi sebab terwujudnya amal-amal yang saleh di kalangan manusia dengan rahmat besar yang dibawa olehnya .
Sebagaimana hujan menjadikan tanah itu mengeluarkan buah setelah lama hujan berhenti .
Maka DIA itu adalah awan putih yang penuh dengan rahmat Allah yaitu rahmat yang ditaburkan oleh Allah sebagai hujan gerimis di atas kaum mukminin

Pasal 206  ( dikutip ayat 5 , 11, 13  )

Karena segala yang tersurat dalam kitab Musa itu adalah benar sepenuhnya ; bahwa Allah Pencipta kita itu Esa dan bahwa aku hamba Allah dan ingin berbakti kepada Rasul Allah yang kamu namakan dia itu Messias .
Kemudian kepala imam itu berkata : “ Kami ingin mengetahui sesuatu tentang Messias “.
Yesus menjawab : “ Apakah yang kamu ingin mengetahuinya tentang Messias itu ?  Barang-kali kepalsuan ?

Pasal 220  ( ayat 19 -20 )

Ketika orang memanggilku Allah dan Anak Allah di dunia , padahal aku tersuci dari itu , Allah pun berkehendak supaya orang mencemoohkan aku di dunia ini dengan matinya Yudas yang mereka yakini bahwa akulah yang telah mati di atas tiang salib itu , agar Setan-setan tidak nanti mengejekku di hari Pembalasan kelak .
Dan ini akan berlagsung sehingga datangnya MUHAMMAD RASUL ALLAH , yang apabila ia datang , akan membongkar kepalsuan ini bagi mereka yang percaya dengan syariat  Allah .

Pasal 142 : 16-20 juga mengungkapkan respon penolakan sekaligus ketakutan kaum Yahudi atas kesaksian Yesus tentang MESIAS datang dari TURUNAN ISMAIL :

Dan lebih jahat lagi dari itu bahwa  ia  mengatakan  bahwa  MESSIAS  ITU  TIDAK  AKAN
DATANG DARI TURUNAN DAUD ( sebagaimana yang diutarakan kepada kita oleh salkah seorang muridnya yang setia ) tetapi ia mengatakan bahwa DIA ( MESSIAS ) ITU AKAN DATANG DARI TURUNAN ISMAIL
Dan bahwa PERJANJIAN ITU DIBUAT DENGAN ISMAIL BUKAN DENGAN ISHAK .
Maka apa hasilnya jika kita biarkan orang itu hidup ?
Sudah barang tentu KETURUNAN ISMAIL AKAN MENJADI ORANG-ORANG YANG BERKEWIBAWAAN di kalangan Rum lalu diserahkannyalah negeri kita ini menjadi milik mereka . Dan dengan demikian , ISRAIL AKAN MENJADI MANGSA PERHAMBAAN sebagai yang terjadi dahulu .

Pada pasal 39 ada disebutkan nama  “ Muhammad “ , tetapi bukan pengakuan Yesus melainkan cerita yang diungkapkan penulis Injil Barnabas . Kemungkinan bersumber dari cerita yang beredar dalam kalangan tertentu . Tetapi bagi para ahli Bibel dan penganut Kristen , cerita ini menjadi “ bahan bukti “ bahwa INJIL BARNABAS itu bersumber dari cerita dari kalangan Islam , sehingga dalam lanjutan tuduhan mereka , INJIL BARNABAS itu dikarang oleh orang Islam . Tuduhan ini tidak memiliki dasar yang kuat kecuali hanya berdasarkan pada dugaan dan kemungkinan .  Padahal bisa saja disebabkan sebenarnya cerita itu berdasarkan kitab-kitab para nabi tetapi disembunyikan oleh orang-orang Yahudi karena kaum Yahudi adalah satu kelompok manusia yang memiliki superioritas agama dan etnik dengan menganggap diri “ UMMAT TUHAN “ dan “ BANGSA  PILIHAN “ sedangkan bangsa lain adalah GOYYIM , yang nilainya sederajat dengan hewan . Dalam sifat yang demikian , kaum Yahudi akan menolak setiap pernyataan yang menyebut seorang NABI AKHIR ZAMAN muncul dari bangsa lain . Dan dalam pemahaman rangkaian kenabian pasti memeiliki risalah yang berkesinambungan dari satu nabi ke nabi berikutnya . Oleh karena tuduhan bahwa kisah dalam pasal 39 sebagai bersumber dari Islam adalah satu kengawuran.

C.      NABI MUHAMMAD SAW SEBAGAI PEMBERI SAFA’AT

Pasal  136 : 17 – 21 

Yesus menjawab : ” Tiap orang pasti – siapapun dia itu – akan pergi ke neraka .
Akan tetapi tiada sak lagi bahwa para orang suci dan Nabi-nabi Allah akan pergi ke sana hanya untuk menyaksikan , tidak untuk menjalani siksaan . Sedang orang-orang yang saleh tiada akan mengalami kecuali hanya ketakutan saja .Dan apa yang harus kukatakan ? Bahwa sesungguhnya RASUL ALLAH sendiripun akan pergi ke sana untuk manyaksikan keadilan Allah .Lalu menggeletarlah neraka itu dengan kehadirannya .
Dan oleh karena dia itu berbadan seperti manusia , maka dihentikannyalah siksaan atas tiap yang berbadan manusia dari mereka yang telah dipastikan mendapat siksaan hingga mereka akan tinggal tanpa siksaan selama Rasul Allah berada di sana untuk melihat neraka Akan tetapi dia tiada tinggal di sana kecuali sekejap mata .
Dan sebenarnya Allah berbuat demikian itu agar tiap makhluk mengetahui bahwa IA MENDAPAT MANFAAT DARI RASUL ALLAH .
Dan manakala dia pergi ke sana , menjerit-jeritlah Setan-setan itu , berusaha untuk bersembunyi di bawah  bara  yang  menyala - nyala itu . Dan  satu  sama lain mengatakan :  
” Larilah, larilah karena musuh kita MUHAMMAD telah datang ”.
Apabila setan ( Iblis ) mendengar itu maka ia menampar mukanya dengan kedua tangannya sambil mengatakan : ” Terpaksalah kukatakan bahwa dia itu lebih mulia daripadaku dan ini semua dikerjakan hanya kezaliman belaka ”.
Adapun yang menyangkut kaum mukminin yang mempunyai tujuh puluh dua derajat beserta penghuni kedua tingkat yang lain , yang mempunyai iman tanpa amal saleh , di mana puak pertama menyedihkan amalan-amalan yang saleh sedang yang lain merasa gembira dengan kejahatan maka mereka itu sekalian akan tinggal di neraka tujuh puluh ribu tahun .
Dan selewatnya tahun-tahun itu akan datanglah Malaikat Jibril ke neraka dan mendengar-kan mereka berkata : ” Ya Muhammad , di manakah janjimu kepada kita bahwa barang siapa yang menganut agamamu maka ia tidak akan tinggal di neraka buat selama-   lamanya ? ”.
Lalu kembalilah Malaikat Allah itu ke surga dan setelah ia mendekat dari Rasul Allah dengan hormat , ia meneritakan kepadanya akan apa yang telah didengarnya .
Maka di saat itu, Rasul Allah memohon kepada Allah , katanya : ” Allah-ku dan Tuhan- ku ! Ingatlah janji-Mu kepadaku , aku hamba-Mu bahwa mereka yang telah menerima agamaku tiada akan tinggal di neraka buat selama-lamanya ? ”.
Kemudian Allah menjawab : ” Mohonlah ya khalil-Ku apa yang engkau inginkan karena Aku akan menganugerahkan kepadamu segala yang kau minta ”.

Pasal 137

Maka di saat itu Rasul Allah memohon : ” Ya Tuhan , ada di antara kaum mukmin yang telah tinggal di neraka tujuh puluh ribu tahun .
Di manakah rahmat-Mu ya Tuhan ?
Hamba  bermohon  kepada-Mu  agar  Engkau  lepaskan  mereka  dari  siksaan siksaan yang
pedih itu  ”.
Maka di saat itu , Allah memerintahkan keempat Malaikat yang terdekat kepada-Nya agar mereka pergi ke neraka dan mengeluarkan setiap orang yang menganut agama Rasul-Nya lalu memimpinnya ke surga .
Dan itulah yang akan dikerjakan oleh mereka
Dan akan menjadi begitu penting agama Rasul Allah itu sehingga setiap yang beriman kepadanya akan masuk surga setelah mengalami siksaan yang telah kusebut tadi kendati pun ia tidak berbuat amal yang saleh karena ia mati atas agamanya .

Pasal 55  ( ayat 11-14 tidak dikutip )

Kemudian pergilah RASUL ALLAH untuk mengumpulkan semua Nabi-nabi dengan memohon dari mereka untuk bersama-sama dia memohon kepada Allah untuk kaum yang
beriman .
Tetapi tiap orang ( dari nabi-nabi itu ) mengajukan keberatannya karena ketakutan .
Dan Demi Allah bahwasanya akupun juga tidak pergi ke sana karena pengetahuanku akan apa yang kuketahui .
Dan di waktu Allah melihat itu, ingatlah Dia akan RASUL-NYA dan betapa DIA MEN-CIPTAKAN SEGALA SESUATU INI KARENA KASIHNYA KEPADANYA .
Maka hilanglah takutnya dan majulah ia ke arasy dengan penuh kasih dan hormat dan para Malaikat menyanyikan : ” Maha Berkahlah nama-Mu yang Kudus ya Allah Tuhan kita ”.
Dan mana kala ia sudah menghampiri arasy maka dibukalah oleh Allah untuk RASUL-NYA sebagai kekasih kepada kekasih yang telah lama tidak bertemu .
Maka mulailah RASUL ALLAH dengan pembicaraan , katanya : ” Sesungguhnya aku menyembah Engkau dengan seluruh hati dan jiwaku ,
Karena Engkau telah berkehendak maka Kau ciptakan akan daku ini untuk menjadi hamba-Mu .
Dan Kau ciptakan segala sesuatu karena cinta-Mu padaku agar aku mencintai-Mu untuk segala sesuatu dan di dalam segala sesuatu dan di atas segala sesuatu .
...................................................................................................................................................
Kemudian Allah berfirman kepada RASULNYA : ” Sejahteralah engkau wahai hamba-Ku yang jujur ,
Dan mohonlah apa yang engkau inginkan , niscaya engkau akan dapatkan semua ”.
Dan menjawablah RASUL ALLAH : ” Ya Allah , saya ingat bahwa di kala Engkau men-ciptakan daku , Engkau berfirman bahwa Engkau berkehendak menciptakan bumi , surga , malaikat dan manusia oleh karena cinta-Mu kepadaku , supaya mereka mengagungkan Engkau dengan perantaraanku hamba-Mu ini .
Dari itu kumohon kepada-Mu wahai Allah Tuhan Yang Maha Pengasih dan Adil agar Engkau ingat akan janji-Mu kepada hamba-Mu ”.
Maka Allah menjawab sebagai Khalil bersenda dengan Khalil-Nya . Firman-Nya : ” Ada-kah engkau mempunyai saksi-saksi atas itu ya khalil-Ku  MUHAMMAD ? ”
Maka berkatalah ia dengan penuh hormat : ” Ya wahai Tuhan ”.
Kemudian Allah berfirman : ” Hai Jibril , pergilah untuk memanggil mereka ”.
Maka datanglah Jibril kepada RASUL ALLAH , katanya ” Siapakah saksi-saksimu wahai Tuhan ? ”.
Maka RASUL ALLAH menjawab : ” Mereka itu adalah ADAM, IBRAHIM, ISMAIL , MUSA, DAUD dan YESUS PUTERA MARYAM ” .
Lalu pergilah Malaikat , kemudian dipanggilnya para saksi tersebut yang datang ke sana sambil ketakutan .
Mana kala  mereka  telah  hadir , maka  Allah  berfirman  kepada mereka : ” Apakah kalian
ingat apa yang telah diutarakan oleh RASUL-KU  ? ”.
Mereka menjawab  : ” Tentang apa ya Tuhan ? ”.
Maka berfirmanlah Allah : ” Bahwasanya Aku telah menciptakan segala sesuatu karena kesayangan-Ku kepadanya , agar semua makhluk memuji akan Daku dengan perantaraan dia ”.
Maka masing-masing dari mereka menjawab : ” Kami mempunyai tiga saksi yang lebih mulia dari kami ya Tuhan ”.
Firman Allah : ” Siapakah ketiga saksi itu ? ”.
Maka Musa menjawab : ” Yang pertama yaitu kitab yang telah Engkau anugerahkan kepadaku ”.
Lalu  Daud  menerangkan  : ”  Yang  kedua  yaitu  kitab  yang  telah  Engkau  anugerahkan
kepadaku ”.
Kemudian menjawblah orang yang sedang berbicara denganmu ini : ” Ya Tuhan bahwa seluruh dunia ini telah dihasut oleh Setan maka mereka mengatakan bahwa aku ini putera dan sekutu-Mu .
Akan tetapi kitab yang telah Kau anugerahkan  kepadaku benar-benar telah menyatakan bahwasanya aku adalah hamba-Mu . Juga kitab itu mengakui apa yang telah diutarakan oleh RASUL-MU ”.
Kemudian berbicaralah RASUL ALLAH , katanya : ” Demikianlah dikatakan oleh kitab yang telah Engkau anugerahkan kepadaku ya Tuhan ”.
Dan di waktu RASUL ALLAH itu mengatakan demikian , berformanlah Allah : ” Sesung-guhnya apa yang telah Kuperbuat sekarang ini hanya agar setiap orang mengetahui BETAPA SAYANG-KU KEPADAMU ”.
Dan setelah berfirman demikian , allah mengaruniakan kepada RASUL-NYA sebuah kitab yang tertulis di dalamnya nama setiap orang pilihan Allah .
Dari itu bersujudlah tiap makhluk kepada Allah seraya mengucapkan : ” Bagi-Mu sendiri-lah ya Allah segala kebesaran dan kemuliaan karena ENGKAU TELAH MENGARUNIA-KAN KITA KEPADA RASUL- MU ”.

D.      TIDAK TERSALIBNYA YESUS KRISTUS ( Nabi Isa Al Masih as. ) DAN YANG DISALIB ADALAH YUDAS ISKARIOT .

Agama Kristen dibangun dan didasarkan pada kepercayaan tentang penyaliban Yesus  untuk menebus dosa-dosa manusia . Berbeda bahkan menentang dogma Kristen , maka pernyataan yang sangat penting dalam INJIL BARNABAS adalah tidak tersalibnya Yesus Kristus , melainkan yang disalib itu orang lain, yaitu Yudas Iskariot , seorang murid utama yang berkhianat kepada beliau . Kita akan menemukan penegasan ini dalam pasal 112 dan pasal  139.  Peristiwa penangkapan dan penyaliban Yudas Iskariot yang dikira Yesus diungkapkan  lebih luas dalam pasal 216 – pasal 217 . Begitu juga dengan kenaikan Yesus  ke langit .

Pasal 112  ( dikutip ayat 13-18  )

Maka ketahuilah ya Barnabas , bahwa sesungguhnya karena itu aku harus berhati-hati dan akan dijual oleh salah seorang muridku dengan tiga puluh keeping mata uang .
Dan atas dasar itu , maka aku yakin bahwa orang yang akan menjualku itu akan terbunuh dengan namaku .
Karena Allah akan mengangkat aku dari bumi ini kemudian akan merubah wajah pengkhianat itu sehingga ia disangka aku oleh semua orang .
Begitupun juga maka setelah ia mati dengan seburuk-buruk cara , aku harus tinggal dalam kecemaran itu untuk masa panjang di bumi ini .
Akan  tetapi  apabila  telah  datang  MUHAMMAD , RASUL  ALLAH  yang kudus itu , akan
hilanglah daripadaku kecemaran itu .
Dan Allah akan melaksanakan itu , karena aku telah mengakui akan kebenaran MESSIAS yang akan memberikan kepadaku anugerah itu agar diketahui orang bahwa aku ini masih hidup dan aku tersuci dari kematian yang tercela .

Pasal 139 ( dikutip ayat 7- 9  )

Lebih lagi dari itu , bahwa salah satu dari muridku akan menjualku dan menyerahkan aku sebagaimana Yusuf terjual di Mesir .
Akan  tetapi  Allah  yang Maha  Adil itu  akan menangkapnya  sebagaimana  yang dikatakan Daud  :   Barang siapa  memasang  jebakan  terhadap  saudaranya  maka  ia  sendiri akan terjerumus di dalamnya “.
Dan Allah akan menyelamatkan aku dari tangan mereka itu dan akan memindahkan aku dari dunia ini .
                       
Pasal 213 ( dikutip ayat 24 - 28 )

Maka Yesus berkata pula : “ Sungguh kukatakan kepadamu bahwa salah seorang daripadamu akan menyerahkan aku dan terjuallah aku sebagai seekor kibas  .
Akan tetapi celakalah baginya karena pasti akan terlaksana apa yang dikatakan oleh bapak kita Daud tentang dia bahwa “ Dia akan terjerumus dalam jurang yang ia sediakan untuk orang lain “.
Kemudian para murid saling berpandangan satu sama lain . Mereka dengan sedih mengatakan : “ Siapakah gerangan yang akan menjadi pengkhianat itu ? “.
Lalu Yudas menanyakan : “ Apakah aku dia itu , ya guru ? “.
Yesus menjawab : “ Sebenarnya engkau telah mengatakan kepadaku siapa yang akan menyerahkan aku “ .

Lebih jauh bagaimana peristiwa penangkapan dan penyaliban Yudas Iskariot yang dikira Yesus , dalam INJIL BARNABAS diungkapkan dalam pasal 216 – pasal 217. Lihat bahasan tersendiri pada Bagian 9 . dan tidak disajikan pada bagian ini .
Temuan arkeologi yang terkenal pada tahun 1945 di Mesir dengan NASKAH NAG HAMMADY , yang di dalamnya terdapat sejumlah Injil Apokrif , menegaskan pula bahwa Yesus tidak mati disalib melainkan yang disalib adalah orang lain . Hal ini dapat dibaca pada Injil Peterus dan sebagainya .  Penegasan  mengenai  person  yang  ditangkap  dan  disalib  itu adalah Yudas Iskariot dapat diperoleh pula dalam  Injil-injil Kanonik , yang diakui oleh penganut Kristen dengan melakukan kajian atas ayat-ayat yang menceritakan kisah penangkapan  dan penyaliban atas diri “ Yesus “.

E.  PENGAKUAN  YESUS KRISTUS ( Nabi Isa Al Masih as. ) SEBAGAI NABI  YANG DIUTUS HANYA KEPADA BANI ISRAIL .

Dalam INJIL BARNABAS diungkapkan pernyataan atau pengakuan dari Yesus sendiri tentang Yesus Kristus sebagai Nabi yang diutus hanya kepada Bani Israil . Hal ini dapat dibaca dalam beberapa pasal .

Pasal 1  ( ayat 4 )

Akan tetapi Malaikat itu menenangkan ketakutannya sambil mengatakan : “ Janganlah takut ya Maryam sebab engkau telah mendapat karunia daripada Allah, yang telah memilih engkau menjadi ibu seorang Nabi yang diutusnya kepada keluarga Israil supaya mereka menjalankan syariat-Nya  dengan ikhlas .

Pasal  26  ( ayat 15 )

Karena itu bukanlah dari padaku tetapi daripada Allah yang telah mengutus aku kepada keluarga Israil

Pasal 82  ( ayat 17  )

Yesus menjawab  : “ Sesungguhnya benar aku  diutus kepada bani Israil sebagai Nabi keselamatan 

Pasal  52  ( ayat 13 )

Akan tetapi walau aku diangkat  oleh Allah menjadi NABI BUAT KELUARGA ISRAIL  keluarga Israil , untuk kesembuhan orang-orang yang lemah dan memperbaiki orang-orang yang berdosa , namun
aku khadim Allah .

Pasal 68  ( ayat 28 )

Maka inilah yang kukatakan kepadamu dan maksud inilah AKU DIUTUS KEPADAMU

Pernyataan Yesus yang menunjuk dirinya sebagai Nabi yang diutus hanya kepada Bani Israil ini sejalan dengan ayat-ayat  Bibel ( Perjanjian Baru ). Sejumlah ayat Bibel ( Perjanjian  Baru ) menyatakan demikian  yang dapat disebutkan yaitu :
-     Ayat Matius 1 : 21 menyatakan : YESUS AKAN MENYELAMATKAN KAUMNYA dari dosa-dosa mereka.
-     Ayat Matius  2 : 2  menyebutkan  : YESUS ADALAH RAJA ORANG-ORANG YAHUDI .
-    Ayat Matius 2 : 6 ini sebagai  pernyataan tentang Yesus Kristus  ( Nabi Isa Al Masih as ) menegaskan : " .... dari engkau akan keluar SEORANG PEMBESAR YANG AKAN MEMIMPIN UMATKU, ISRAEL "
-   Ayat Matius 10 : 5-6  berisi pesan Yesus : “ Janganlah kamu pergi ke negeri orang kafir dan jangan kamu masuk negeri orang Samaria melainkan pergilah kamu   KEPADA SEGALA DOMBA KAUM ISRAEL YANG  SESAT  “ .
-    Ayat Matius 15 : 24  berisi penegasan Yesus :  " Aku tidak diutus melainkan kepada domba sesat dari kalangan Israel  ".
-   Ayat Matius 27 : 11 mengungkapkan ketika Gubernur bertanya kepada Yesus  :         " ADAKAH ENGKAU RAJA ORANG-ORANG YAHUDI ? " . Yesus berkata kepadanya : " SEPERTI KATAMU ".
-  Ayat Lukas 1 : 33  di atas menegaskan Yesus '"  AKAN MEMERINTAH RUMAH YAKUB UNTUK SELAMA-LAMANYA ".  Ungkapan " RUMAH YAKUB " menunjuk pada  " BANGSA ISRAEL/ KAUM YAHUDI ", sebab ISRAEL adalah nama lain dari  YAKUB.  
-      Ayat Lukas 2 : 25  ini menunjuk kepada Yesus Kristus  ( Nabi Isa Al Masih as.). mengungkapkan betapa Yesus ditunggu sebagai " PENGHIBUR BAGI ISRAEL ".
-     Ayat Lukas 2 : 4  mengungkapkan keadaan yang akan terjadi  berkaitan dengan Yesus, yaitu Yesus akan menentukan kejatuhan dan membangkitkan lagi BANYAK ORANG ISRAEL.
-     Ayat Lukas  24  : 19  ini  dengan  jelas menyatakan kehadiran Yesus  Kristus  ( Nabi Isa  Al Masih as.) sebagai yang berkuasa dengan perbuatan dan perkataannya dihadapan “ SEGENAP KAUM  ITU  “ yang maksudnya Bani Israil
-       Ayat  Lukas 24 : 21 mengungkapkan YESUS AKAN MENYELAMATKAN ISRAEL.
-      Ayat  Yahya 1 : 31 tersebut " IA AKAN DINYATAKAN KEPADA ISRAEL " sangat jelas menunjuk: YESUS BENAR-BENAR  DIUTUS KEPADA BANI ISRAEL/ KAUM YAHUDI .
-  Ayat Yahya 17 : 9  berisi penegasan Yesus : “ Aku berdoa BUKAN UNTUK SEISI DUNIA, melainkan untuk MEREKA YANG ENGKAU SERAHKAN KEPADAKU ;  karena mereka adalah milikmu “ .   
-   Ayat Matius 19 : 28  menegaskan pernyataan Yesus  tentang kehadiran ANAK MANUSIA yang duduk di atas tahta kemuliaannya , maka begitu pula  para murid utama akan duduk di atas dua belas tahta, mengadili dua belas suku bangsa   Israel  .
-   Ayat Kisah Rasul-Rasul  ( KRR ) 1 : 6  berbicara tentang pandangan para murid tentang Yesus sebagai tokoh yang akan membangun kembali kerajaan Israel .
-    Ayat  Galatia  4 : 4 , 5   berbicara tenytang pengutusan “ ANAK “ untuk MENEBUS MEREKA YANG TAKLUK DI BAWAH HUKUM TAURAT, supaya kita di-terima menjadi anak ). Siapa yang takluk di bawah hukum Taurat ? Kaum Yahudi !
-     Ayat 1 Peterus 5 : 2-3  menegaskan pernyataan Peterus : Gembalakanlah kawanan domba Allah yang ada padamu, ….. Janganlah kamu berbuat  seolah-olah kamu mau memerintah atas mereka yang dipercayakan kepadamu, tetapi hendaklah kamu menjadi teladan bagi kawanan domba itu   .
-    Ayat Yakub 1 : 1  berbicara tentang Yakub selaku penerus misi Yesus  hanya untuk kepada  kedua belas suku bangsa yang bertaburan  , Salam )

Karel A. Steenbrink  dalam bukunya ” PERKEMBANGAN TEOLOGI DALAM DUNIA KRISTEN MODERN  “ ( halaman 34 ) mengakui bahwa Yesus diutus hanya kepada bani Israel / kaum Yahudi saja dan meluas sejak Paulus ikut mengabarkan ”  INJIL “ .

Perbedaan ketiga antara Yesus dan Paulus terletak dalam pandangan Kristen terhadap orang di luar bangsa Yahudi . Yesus sebenarnya tidak hendak mendirikan agama atau syariat baru ; dia hanya merupakan gerakan reformisme dalam agama Yahudi ……… ……… Fokus yang semula hanya terbatas kepada bangsa Yahudi saja menjadi luas sekali waktu Paulus mengabarkan Injil Yesus dalam dunia  Yunani dan Romawi  “.

Dan masih banyak ayat-ayat Bibel yang dapat dirujuk sebagai dalil tentang Yesus hanya diutus kepada Bani Israil ( Kaum Yahudi ) bukan untuk seluruh ummat manusia . Terlihat kesejajaran pernyataan-pernyataan Injil-Injil Kanonik dengan Injil Barnabas tentang ruang lingkup misi ajaran Yesus yaitu hanya untuk kaum Yahudi ( Bani Israil ) saja . Dengan demikian jika membandingkan Injil Barnabas dengan Injil-Injil Kanonik mengenai lingkup pengutusan Yesus , sesungguhnya tidak ada alasan mendiskreditkan Injil Barnabas sebagai Injil palsu dan menuduhnya sebagai  “ Injil “ yang dikarang seorang Muslim mantan Kristen bahkan mantan Yahudi karena Injil Kanonik pun menegaskan hal yang sama. Tuduhan seperti ini lebih bersifat khayalan semata-mata akibat dorongan dogma yang dianut .
Memang ada beberapa ayat yang menunjuk ruang lingkup keutusan Yesus Kristus  untuk seluruh ummat manusia , namun ayat –ayat tersebut adalah palsu  seperti ayat Matius 28 : 19 dan ayat Markus 16 : 15 , yang biasa dijadikan dalil oleh penganut Kristen tentang Yesus diutus untuk seluruh bangsa ( ummat manusia ). Menurut pakar Bibel, ayat Matius 28 : 19 adalah ayat   sisipan , sedangkan ayat Markus 16 : 15 adalah ayat palsu . Ini diakui semua ahli Bibel . Juga analisis atas ayat-ayat Bibel yang menunjuk keutusan Yesus untuk seluruh bangsa dan ummat manusia tersebut tetap menunjuk bahwa Yesus diutus hanya untuk Bani Israil Dengan demikian , tidak ada dalil sedikitpun untuk mengatakan bahwa Yesus diutus untuk seluruh bangsa ( ummat manusia ) , melainkan diutus hanya kepada Bani Israil saja .Oleh karena itu sangat aneh sikap penganut Kristen jika menolak pernyataan INJIL BARNABAS ini, padahal Bibel ( Perjanjian Baru )  memberi  pengakuan  yang  sama tentang keutusan Yesus Kristus hanya kepada Bani Israil .
 Demikianlah sejumlah ayat Injil Barnabas yang menyatakan beberapa pemahaman yang bertentangan dengan dogma Kristen sekarang . Inilah yang menyebabkan Injil Barnabas ditolak penganut Kristen dan menuduhnya sebagai injil palsu . Tetapi sebenarnya jika membandingkan dengan ayat-ayat Injil Kanonik ( - Matius, Markus, Lukas dan Yahya ), sesungguhnya pernyataan Injil Barnabas sesuai dengan pernyataan dalam ayat-ayat Injil Kanonik ( - Matius, Markus, Lukas dan Yahya ), asalkan ayat-ayat Injil Kanonik ( - Matius, Markus, Lukas dan Yahya ),  mau dikaji dengan jujur dan kesiapan diri untuk menerima hasil kajian tersebut .











[1] ).  Sir Higgins , seorang penulis Inggeris – diungkap  M.A. Yussef dalam bukunya “ Naskah Laut Mati – Injil Barnabas – Dan Perjanjian Baru  ( hal. 238-240 ) -  menceritakan mengenai kursi tahta suci Gereja Katolik di Roma  . Kursi ini merupakan waris dari Peterus yang diakui sebagai pelanjut risalah Yesus . Dalam rangka menaikkan penghargaan kepada “ Sang Rasul “ ( Peterus ) , maka kursi yang diyakini sebagai milik Peterus selaku kepala Gereja , selalu dipamerkan oleh Gereja . Perayaan untuk menghormati “ Kursi Suci “ ini diadakan oleh Gereja pada setiap tanggal 18  Januari  dan diarak untuk bahan pemujaan orang. Praktik pemujaan “ Kursi   Suci “ ini berlangsung sampai  tahun 1662 M.  Suatu saat , ketika  “ Kursi Suci “ ini dibersihkan ternyata ada ukiran yang menggambarkan  para buruh Herkules  ( - salah satu Dewa Manusia dalam mitologi Yunani - ) . Saat orang Perancis menguasai Roma , mereka meneliti kursi Rasul Peterus yang biasa dirayakan itu . Suatu hal yang membuat  mereka terperanjat , ternyata di samping ukiran buruh-buruh Herkules itu , ditemukan ukiran lain yang merupakan  tulisan berbahasa Arab  , tepatnya ikrar syahadat kaum Muslimin : “ Laa ilaaha illallah  “ ( Tiada Tuhan selain  Allah ) , yang merupakan kelengkapan dari pernyataan : “  …. Dan Muhammad Utusan Allah  “. Keberadaan tulisan berbahasa Arab pada  “ Kursi Suci “ peninggalan Peterus ini menimbulkan tanda tanya . Fakta keberadaan tulisan ini menjadi bukti kecocokan dengan yang tertulis dalam Injil Barnabas .

0 komentar:

Posting Komentar